8.06.2008

Rejeki dari Nu Green Tea

Keluarga besar saya dalam beberapa bulan terakhir ini punya kebiasaan baru. Setiap awal bulan mereka ga pernah lupa nitip belanja Nu Green Tea satu kardus [bukan cuma Indomie aja yang satu kardus] soalnya terinspirasi ama iklan-iklan mengenai begitu bermanfaatnya minuman teh hijau bagi tubuh kita.

Sekarang kan semua produk memang lagi gencar menyuarakan kelebihan-kelebihan dari sisi medis [padahal dari dulu juga kelebihan-kelebihan itu memang sudah terkandung] seperti susu yang menyuarakan osteoporosis, pengembangan otak anak selain itu juga minuman energi yang menyuarakan kandungan vitamin lebih banyak dari biasanya terutama vitamin B.

Nah kebetulan minuman green tea ini yang sering berseliweran keluar masuk kulkas dirumah, saya jadi ikut-ikutan ketularan demam green tea tersebut. Tapi demam green tea tersebut tidak bakal menjadi lebih panas kalo misalnya saya tidak melihat poster gambar di atas. Suatu hari saya lihat iklannya di TV mengenai hadiah langsung berupa tunai maupun minuman gratis yang bisa kita dapatkan keterangannya ditutup botol Nu Green Tea. Sebenarnya sih sekarang lagi banyak produk lain juga menawarkan hal yang sama seperti Indomie yang juga menawarkan hadiah langsung dengan cara digosok pada label undiannya. Tapi berhubung minuman ini yang paling sering diminum, saya punya kebiasaan baru sebelum minum Nu Green Tea tersebut. Bukannya berdoa pada yang maha kuasa...saya malah sibuk melihat dulu tutup botolnya..tapi yang paling sering saya lihat bukannya 100jt, 50jt atau berjuta-juta lainnya melainkan 'Coba Lagi' dan 'Tetep Cool'...begitu melihat tulisan-tulisan itu dalam hati saya bilang "I am cool...!! where is my money..?!#?'. Yang paling beruntung itu adik saya yang paling kecil, dia paling sering dapet "Gratis 1 botol"....why me..!!

Karena keseringan ga beruntungnya akhirnya terbit pikiran kotor saya ke Nu Green Tea ini. Sebenarnya pikiran kotor saya ini sempat terpatahkan begitu saya melihat iklan dimana salah satu petinggi perusahaan ini memasukkan tutup botol - kalo tidak salah - bertuliskan 100jt ke mesin pengemasan akhir dimana tutup botol tersebut akan dipasangkan dengan botolnya.

Pikiran kotor saya adalah bahwa hal-hal yang berbau hadiah langsung seperti Nu Green Tea ini dan produk-produk lain yang bernada hadiah langsung itu sebenernya diatur oleh perusahaan yang bersangkutan. Penjelasannya gini....misal: satu undian itu pasti punya periode kan, periode ini biasanya sih berbulan-bulan..kayanya saya ga pernah nemuin periode kaya gini cuma satu bulan apalagi satu minggu. Naah...tujuan perusahaan mengadakan undian seperti ini kan sebetulnya bukan untuk mendermakan sebagian keuntungannya untuk konsumen tetapi lebih kepada kepentingan bisnis...dalam hal ini peningkatan frekuensi penjualan.

Katakanlah periode Nu Green Tea ini dari bulan Januari s/d Desember 2008. Saya punya pikiran kotor kalo sebenernya tutup-tutup botol yang bertuliskan hadiah ratusan juta itu ga bakal disebar diperiode-periode awal undian. Bisa jadi pertengahan periode atau malah akhir dari periode undian tersebut. Masalahnya begini...kalo misalnya disebar diawal periode..misal bulan Januari...ada kemungkinan konsumen bakal menemukan semua tutup botol itu pertengahan tahun dan begitu sudah diumumkan bahwa semua tutup botol yang berhadiah ratusan juta sudah dimenangkan, apa yang terjadi dengan konsumen lain yang berharap tutup botol yang sama...? ya mereka pasti akan mengurangi frekuensi pembelian [khusus untuk konsumen yang addict green tea] atau malah menghentikan pembelian [khusus untuk konsumen pencari hadiah ditutup botol].

Tapi diantara kalian pasti ada yang nanya "kalo misalnya bener perusahaan nyebar semua tutup botol di akhir periode berarti ada kemungkinan ga ada yang menangin tutup botol berhadiah ratusan juta dong...?' Kalo menurut saya ngga juga tuh, perusahaan besar kan punya database mengenai daya beli pasar mana yang paling tinggi...misal: penjualan tertinggi Nu Green Tea berdasarkan data perusahaan adalah di Carrefour Duta Merlin Jakarta....ya perusahaan itu pasti nyebar disitulah..gampang kan...mengenai kapan nyebarnya...ya tergantung database jualannya juga...gitu...kekekekek...*sok tau banget*

Walaupun seperti saya bilang diawal, pikiran kotor ini sempat dimentahkan oleh iklan yang menayangkan petinggi perusahaan memasukkan tutup botol berhadiah ke mesin pengemasan, tapi tetap saya masih berpikiran kotor. Kenapa notaris biasanya hanya dilibatkan di akhir periode suatu undian, sering kita denger kan kalo di akhir pengumuman suatu undian selalu ada kalimat '...dengan disaksikan oleh pihak notaris...' Seharusnya perusahaan-perusahaan yang menjalankan program berhadiah langsung ini juga menyertakan notaris pada saat proses mereka memasukkan semua tutup botol berhadiah ke mesin pengemasan. Biar orang-orang seperti saya lebih percaya...dan merasa tidak dibodohi karena tiap minum Nu Green Tea selalu mendapatkan 'Coba Lagi' atau 'Tetep Cool'....I am cool...!! hehe....just a thought....just a thought.....